Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Kiat - Kiat

Tips Memahami Tingkat Kepuasan Konsumen

Administrator Kiat Kiat Dilihat 5824 kali

Sebagai pelaku bisnis sudah sepantasnya Anda memahami kepuasan konsumen dalam berbisnis. Dengan Anda memahami hal tersebut tentunya Anda dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja bisnis Anda yang nantinya untuk kedepannya semakin baik lagi. Bukan hanya itu saja, Anda akan mengetahui bagaimana perbandingan untuk kualitas produk milik usaha Anda dengan produk pebisnis pesaing Anda.

Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, akan membuat bisnis usaha Anda menjadi kalah saing dengan para pebisnis lainnya. Untuk itulah memahami kepuasan konsumen dalam berbisnis sangat penting untuk diketahui. Anda dapat mempraktekan cara berikut ini agar dapat mengetahui bagaimana para konsumen merasa puas terhadap produk maupun jasa yang Anda berikan. Berikut ini cara memahami kepuasan konsumen dalam berbisnis.

Menggunakan Sistem Kritik dan Saran

Jika Anda ingin lebih mudah untuk memberikan penilaian terhadap bisnis Anda untuk Anda ada baiknya jika menggunakan sistem kritik dan saran yang memberikan informasi mengenai seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan. Dari cara ini Anda dapat mengetahui bagaimana kinerja bisnis Anda dimata konsumen, apakah terlihat baik atau justru sebaliknya. Hal ini akan memberikan sebuah evaluasi terhadap pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen sehingga untuk kedepannya lebih ditingkatkan lagi agar menjadi sebuah bisnis yang sangat unggul dan digemari oleh para konsumen Anda.

Melakukan Survey Kepuasan Terhadap Pelanggan

Terdapat 3 bagian untuk dapat melakukan survey kepuasan terhadap pelanggan, diantaranya:

1.     Directly reported by satisfaction, yaitu sebuah pengukuran secara langsung oleh perusahaan kepada para konsumennya. Biasanya jawaban yang akan diberikan oleh pelanggan berupa netral, tidak puas, dan puas hingga sangat puas.

2.     Derived Dissatisfaction Survey, yaitu perusahaan mengajukan 2 pertanyaan yang meliputi harapan serta bagaimana kualitas produk dan jasa yang diberikan dari perusahaan tersebut serta bagaimana kelebihan produk tersebut dimata para konsumennya.

3.     Problem Analisys, yaitu perusahaan melakukan survey kepada para konsumennya yang meliputi 2 hal pokok berikut ini yaitu mengenai permasalahan yang berhubungan dengan produk serta saran dari para konsumen.

Melakukan Survey Secara Online

Biasanya suatu perusahaan pasti mempunyai sebuah website, untuk Anda sebagai pelaku bisnis dari perusahaan tersebut sebaiknya menyertakan formulir survey dalam bentuk online yang nantinya akan diisi oleh para konsumen Anda. Dengan cara ini Anda sebagai pelaku bisnis akan mendapatkan respon yang tinggi apabila Anda memberikan secara insentif kepada konsumen yang mengisi formulir survey kepuasaan konsumen terhadap pelayanan dan produk yang diberikan.

Melalui Situs Jaringan Media Sosial

Di zaman yang sudah modern ini tentunya Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti twitter, facebook, dan yang lainnya untuk dapat berhubungan dengan para konsumen Anda. Cara ini tentunya akan membuat perusahaan mendapatkan respon secara cepat dari para konsumen yang memang kebanyakan sudah memanfaatkan media sosial.


Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative