Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Apa Perbedaan Bisnis dan Waralaba?

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 6971 kali

Mungkin tak sedikit dari kita yang bertanya tentang perbedaan bisnis dan waralaba. Kata bisnis sendiri sangat familiar di telinga, selain itu juga kita sudah sangat paham mengenai apa itu bisnis. Namun berbeda halnya dengan waralaba, kita sering mendengar tetapi kita masih belum memahami apa itu waralaba. Sebelumnya kita akan membahas mengenai bisnis, di mana pada dasarnya bisnis yaitu kegiatan ekonomi untuk memperjualbelikan, di mana tujuan antara pihak penjual dan pembeli sendiri memperoleh selisih harga sesuai modal yang telah dikeluarkan. Jadi, secara singkatnya pengertian bisnis itu sendiri yaitu aktivitas jual beli.

Kegiatan bisnis sendiri hadir sebab banyaknya permintaan pasar, di tambah pihak penjual pun menjumpai potensi keuntungan. Di  samping itu, kegiatan bisnis itu sendiri tak akan terjadi bila tidak terdapat permintaan pasar, di samping itu penjual pun telah mengetahui hal itu sendiri sesuai hasil pengamatannya. Bisnis memiliki banyak sekali macamnya, yakni di antaranya bisnis waralaba, bisnis perikanan, bisnis pertanian dan masih banyak lagi. Jika kita pahami, perbedaan bisnis dan waralaba itu sendiri terdapat pada pengertiannya. Di mana bisnis adalah aktivitas atau kegiatannya, sedangkan waralaba merupakan jenis dari bisnis itu sendiri.

Bisnis Waralaba

Waralaba biasa dinamakan juga sebagai bisnis franchise yakni peluang usaha paling banyak diminati sebab mudah dijalankan. Di samping itu, bisnis waralaba sendiri mempunyai segmen pasar luas yang memiliki risiko kecil namun memberikan keuntungan yang begitu besar. Sebenarnya bisnis waralaba dengan bisnis yang lainnya sama saja. Hanya saja perbedaannya yaitu unit usaha yang terdapat di berbagai tempat tidak dimiliki Franchisor atau pemilik bisnis. Sedangkan usaha biasa sendiri pelaku usahanya merupakan pemilik penuh dari gerai atau unit usaha tersebut. Jadi perbedaannya yaitu terlihat dari peraturan usaha, kepemilikan gerai, hingga beberapa hal yang mendasar pada bisnis franchise itu sendiri.

Kebanyakan dari perintis usaha waralaba berasal dari industri rumahan atau usaha biasa, dikarenakan telah mengalami perkembangan begitu pesat yang didukung pula sistem manajemen teratur dan baik akhirnya berkembang hingga menjadi franchise. Adapun pihak yang berhak untuk mengembangkan franchise itu sendiri yaitu Franchisor beserta pelaku usaha yang dinamakan frinchisee. Untuk penerapannya sendiri, frinchisee bisa menjalankan bisnisnya dengan sistem operasional yang sudah ditetapkan pihak Franchisor.

Perbedaan Antara Bisnis dan Waralaba

Jika kita bertanya tentang perbedaan antara bisnis dan waralaba, maka kita bisa melihat pengertian bisnis yang cakupannya lebih luas. Di mana seluruh aktivitas jual beli atau yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dinamakan sebagai usaha atau bisnis. Sedangkan untuk waralaba sendiri merupakan jenis dari bisnis itu sendiri. Waralaba yaitu sebuah bisnis yang dilakukan berdasarkan kerja sama antara pelaku usaha dan pemilik usaha. Jadi, keuntungan dari hasil bisnis waralaba ini nantinya dibagi dua berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika disimpulkan perbedaan bisnis dan waralaba adalah terdapat dari kedudukannya. Di mana bisnis kedudukannya lebih luas, sedangkan waralaba termasuk ke dalam kategori atau jenis bisnis yang cakupannya lebih sempit.

Bisnis, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan, Bisnis 2016,

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative