Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Persamaan Bisnis dan Waralaba

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 3332 kali

Persamaan bisnis dan waralaba tentunya menjadi pembahasan yang menarik, sebab bagaimana pun bisnis dan waralaba memang satu kesatuan yang tak terpisahkan. Berdasarkan ilmu perekonomian sendiri bisnis adalah sebuah organisasi di mana tujuannya yaitu untuk mencari laba melalui penjualan barang dan penawaran jasa pada konsumen maupun kegiatan berbisnis yang lainnya. Untuk mengetahui bagaimana persamaan antara waralaba dan bisnis, kita harus memahami pengertian antara keduanya seperti di bawah ini!

Pengertian Bisnis

Berdasarkan histori, bisnis sendiri berasal dari kata yang diadopsi melalui bahasa Inggris yakni Business. Kata dasar dari Business sendiri dari Busy yang artinya sibuk berdasarkan konteks masyarakat, komunitas maupun individu yang tengah disibukkan dalam mengerjakan sebuah aktivitas untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan etimologi sendiri, bisnis artinya suatu keadaan ketika sekelompok atau seseorang tengah sibuk mengerjakan sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan. Adapun kata “bisnis” itu sendiri mempunyai 3 penggunaan berdasarkan skupnya. Contohnya penggunaan singular dari kata bisnis sediri merujuk kepada sebuah badan usaha, yakni merupakan satu kesatuan hukum, ekonomis dan teknis bertujuan untuk mendapatkan laba.

Adapun pemakaian lebih luas sendiri bisa merujuk dalam sektor pasar, seperti contohnya bisnis pertanian. Sementara penggunaan paling luas sendiri lebih merujuk dalam seluruh aktivitas di mana dilakukan sekelompok orang atau komunitas yang menyediakan barang dan juga jasa.

Pengertian Waralaba

Pengertian dari waralaba yaitu hak khusus dimiliki setiap orang maupun badan usaha mengenai sistem yang memiliki karakter usaha untuk memasarkan atau menjual barang dan jasa yang hasilnya sudah terbukti serta bisa dimanfaatkan maupun digunakan pihak lainnya sesuai perjanjian waralaba. Adapun pengertian lain dari waralaba adalah ikatan komersial dan hukum dibuat antara kelompok atau individu selaku pelaku bisnis yang hendak memakai nama dagang atau merek dagang menjadi nama dagang, merek dagang, atau franchisor sebagai pemilik perusahaan. Adapun pengaturan dari cara berbisnis pada kedua pihak sendiri diatur waralaba.

Berdasarkan garis besar sendiri waralaba bisa didefinisikan sebagai pengaturan usaha franchisor atau pemilik usaha dengan menjual atau memberikan hak pada pihak franchisee atau penerima waralaba demi menjual produk jasa atau merek dagang berdasarkan tata cara, prosedur, maupun aturan sesuai kesepakatan. Dalam hal ini bisnis waralaba merupakan kerja sama bisnis yang terjadi antara pelaku usaha dengan pemilik usaha dengan cara sistem bagi hasil bisnis sesuai kesepakatan. Berdasarkan istilah sendiri, waralaba terdiri dari kata wara dan laba di mana wara berarti lebih, sementara laba berarti untung. Bisa disimpulkan pengertian dari waralaba itu sendiri yaitu mengacu ke dalam sebuah keuntungan berlebih. Jadi bisnis dan waralaba sendiri merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Persamaan Bisnis dan Waralaba

Bisnis atau usaha memiliki pengertian yang sama di mana mencakup segala aktivitas yang telah diorganisir seseorang ataupun badan usaha yang tak berurusan di bidang perniagaan dan industri yang tengah menyediakan barang maupun jasa supaya terpenuhinya kebutuhan untuk memperbaiki kualitas hidup. Adapun persamaan dari bisnis dan waralaba bisa kita simpulkan, di mana waralaba dan bisnis sama-sama bertujuan untuk mendapatkan laba.

Bisnis, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan, Bisnis 2016,

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative