Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Peluang Bisnis Modern Online Bermodal Terbatas

Administrator Usaha Kecil dan Menengah Dilihat 1139 kali

Dari pengertiannya yang paling sederhana, bisnis adalah tujuan mencari untung sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menawarkan produk baik dalam bentuk barang/jasa yang bermanfaat bagi konsumen. Timbal baliknya adalah uang atau nilai yang dibayarkan kepada pihak pelaku bisnis tadi. Praktik sederhana itu pun bisa dilakukan oleh siapa saja yang punya komitmen kuat menghasilkan sumber mata pencarian apa pun konsekuensinya.

Beruntungnya bagi mereka yang menjalankan bisnis di masa kini. Pengaruh teknologi informasi begitu dominan dalam beragam bidang, termasuk bisnis. Jadi, siapa saja pun punya kesempatan untuk mempraktikkan bisnis dengan formulasi dan strategi yang berbeda-beda. Modal yang kecil pun tidak jadi masalah karena pasar sudah tersedia begitu juga fasilitas promosi dan pemasaran yang bisa menggunakan internet sebagai media utamanya.

Pelaku Bisnis Modern Online

Jika dulu praktik bisnis cuma dipahami sebagai aktivitas yang dilakukan oleh para pengusaha konvensional, kini situasinya nyaris berbeda seratus delapan puluh derajat. Praktik bisnis online tak lagi didominasi oleh para pengusaha profesional yang pada dasarnya sudah memiliki modal mapan. Dengan proses transformasi internet sebagai media komunikasi arus utama, para pelaku bisnis pun hadir dari beragam lingkaran. Ada yang dari kelas pengusaha kecil, menengah, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan bahkan mereka yang pada dasarnya sudah punya penghasilan tetap dari pekerjaan bidang formal.

Fenomena tersebut merupakan bukti dari apa yang disebut sebagai logika pasar bebas. Setiap orang yang menjadi konsumen sekaligus juga bisa menjadi produsen dan bahkan berpeluang untuk mengembangkannya dalam tahapan yang lebih maksimal. Strateginya berangkat dari kapasitas pelaku bisnis dengan modal yang cukup disesuaikan dengan kemampuan personal (atau kelompok jika dijalankan secara kolektif).

Lingkaran Pasar Potensial

Untuk mengawalinya pun masih menggunakan pedoman dasar dalam berbisnis secara kovensional. Misalnya dengan mencari pasar potensial untuk bidang bisnis tersebut. Contohnya adalah praktik bisnis ibu rumah tangga. Sasaran pertamanya pasti adalah lingkaran terdekat yang notabene adalah para tetangga atau komunitas kecil ibu rumah tangga. Jika produk barang/jasa yang ditawarkan sukses, maka lingkarannya pun bisa diperluas.

Sementara itu, praktik bisnis berbasis online pun mengandalkan sistem kepercayaan yang barangkali bisa membantah anggapan negatif mengenai praktik kecurangan bisnis internet. Kalau pihak pelaku bisnis mengawali pemasarannya dengan baik dan sangat profesional, kesan pertama yang tercipta pun dimanfaatkan untuk membangun kerangka pemasaran yang lebih luas.

Kalau dipikir ala konservatif, mustahil mempercayakan produk yang sudah kita bayar untuk dikirimkan tepat waktu atau jangan-jangan malah tidak pernah dikirimkan. Nah, skema bisnis online yang dikelola profesional menjawab segala tantangan tersebut. Asas kepercayaan dan rasionalitas berbisnis ternyata tetap diterapkan dengan baik dalam praktik pasar online.

Bisnis, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan, Bisnis 2016,

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative