Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Detail Berita / Artikel

Perkembangan Waralaba Pangan Indonesia Dalam UMKM

Administrator Ekonomi Dilihat 1346 kali

Dalam perkembangan waralaba pangan Indonesia istilah waralaba itu sendiri pertama kali disebutkan dalam sebuah peraturan perundang-undangan dalam UU no 9 pada tahun 1995 yang berkaitan dengan usaha kecil, tepatnya terdapat dalam pasal 27 yang mana mengatur kemitraan usaha, baik itu dalam pola sub kontrak, inti plasma, perdagangan, waralaba, agen dan lain sebagainya. Kemudian ketentuan tersebut pun turut ditindak lanjuti dalam sebuah PP dengan no 16 yang dikeluarkan tahun 1997 mengenai waralaba secara khusus dan juga diikuti dengan adanya KMPP yang berkaitan dengan ketentuan serta tata cara dalam melakukan pendaftaran dari bisnis atau usaha waralaba tersebut.

Dari peraturan yang sudah disebutkan pada bagian di atas, ternyata waralaba memiliki pengertian yang berkaitan dengan hak guna memanfaatkan dan juga menggunakan hak dari kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pihak lain dengan memberikan satu bentuk imbalan yang berdasarkan pada beberapa macam bentuk syarat yang sudah ditetapkan dan berkaitan antara penyediaan barang dan juga jasa.

Di Indonesia perkembangan dari waralaba pangan pertama itu sendiri dimulai dengan adanya KFC atau Kentucky Fried Chicken yang muncul pada tahun 1979. Jenis waralaba pangan ini kemudian berkembangan dengan pesat baik itu dari pihak asing sebagai pemberi waralaba tersebut dan juga pihak nasional yang dalam menjalankannya mengalami beberapa pertumbuhan dengan cepat setiap tahunnya. Sedangkan pada tahun 2000 hingga 2004, tingkat bisnis waralaba yang terdapat di lingkungan nasional ini bahkan mencapai angka peningkatan hingga memperoleh angka 60%. Sedangkan untuk waralaba asing hanya mampu bertahan hingga angka 27,3 % saja yang mana penurunannya sangat drastis ketika memasuki tahun 2003.

Dari pencapaian tersebut, tentunya Anda selaku masyarakat umum dapat menilai bahwa masyarakat Indonesia juga lebih senang untuk mengkonsumsi makanan dari waralaba nasional. Sehingga bentuk waralaba nasional ini pun mengalami peningkatan yang menonjol dan bahkan mampu bersaing dengan adanya waralaba asing dan mampu bertahan dalam posisi atas. Beberapa bentuk makanan dari waralaba nasional tersebut diantaranya adalah Papa Ron’s California Fried Chicken, Country Donuts, Mister Baso, Bakmi Japos, Es Teller 77, Kebab Turki, rumah makan sederhana, dan lain lain.

Dalam usaha waralaba, selain keuntungan yang diberikan pada pemberi waralaba dan juga pada penerima waralaba, jenis bisnis ini juga dianggap sebagai bentuk pertumbuhan usaha mikro kecil dan juga menengah, atau lebih dikenal dengan singkatan UMKM. Hal ini berkaitan dengan jenis bisnis tersebut yang bisa mendapatkan bentuk bimbingan khusus dalam hal modal usaha, pelatihan manajemen produksi, sumber daya, keuangan, promosi, pemasaran dan juga lainnya. Dengan kata lain prospek masa depan dari bisnis usaha waralaba ini dapat menjadi bentuk usaha maju dan juga berkembang yang baik untuk dilakukan dan bahkan dikatakan sebagai bentuk usaha yang akan mengalami kemajuan dengan pesat.

Hal ini berkaitan pula dengan peran UMKM dalam perkembangan perekonomian Indonesia, sehingga sangat tepat apabila perkembangan waralaba pangan Indonesia dikategorikan sebagai UMKM yang dapat membantu perkembangan dari perekonomian itu sendiri.

Bisnis, Bisnis 2015, Bisnis Indonesia, Daftar Waralaba, Franchise Makanan, Indonesia Waralaba, Makanan Lokal, Peluang Bisnis, Pengertian Waralaba, Ukm Bisnis, Usaha Makanan,

Member Banner

Google Analytics Alternative