Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Tokoh Artikel

Michelle Surjaputra

CEO PT Michelindo Food International, Pengusaha

Michelle Surjaputra, wanita yang satu ini bisa dibilang salah satu CEO terbaik di Indonesia. Usianya yang masih 25 tahun, tidak lagi disebut anak ABG tapi juga belum cukup matang untuk menduduki jabatan CEO di PT Michelindo Food International. Hampir seluruh keluarganya tinggal dan berkarya di Amerika, termasuk dirinya dulu. Mulai dari sekolah, lalu menempuh pendidikan sekolah tinggi dan akhirnya bekerja di sana, membuatnya total 16 tahun tinggal di negeri Paman Sam tersebut. Lulusan dari New York University - Leonard N. Stern School of Business pada 2011 lalu, Michelle sempat bekerja menjadi PR marketing dan karyawan Bank Indonesia.

Restoran cepat saji bernama BonChon, dan Michelle lah wanita dibalik restoran cepat saji khas Korea yang mulai masuk 2012 ini. Kejelian dalam melihat prospek pasar sangatlah penting dalam memulai sebuah bisnis. Michelle Surjaputra, CEO franchise restoran Korea BonChon di Indonesia adalah salah satu pengusaha muda yang berhasil menganalisa prospek dan trend pasar dalam membangun usahanya. Michelle yang kala itu baru menyelesaikan kuliahnya di Amerika pulang ke Jakarta untuk menjenguk neneknya yang sedang sakit dan dia pun jadi sering bolak-balik ke mall yang kebetulan dekat dengan rumah sakit tempat neneknya dirawat. 

Dari kebiasaan mengunjungi mall tersebut, muncul ide di benak Michelle untuk memulai bisnis kuliner. Saat itu dia menyadari kalau hampir di semua tempat makan yang dia kunjungi pasti menyajikan ayam goreng namun dia heran kenapa makanan kegemarannya di Amerika yaitu BonChon tidak ada di Indonesia. Dari situlah muncul ide untuk membawa BonChon masuk ke Indonesia. Michelle kemudian mengajukan ide kepada orang tuanya, dengan dukungan dari ayahnya dia mulai mengerjakan business plannya sendiri dan berjuang keras sampai akhirnya gerai pertama BonChon hadir di Indonesia pada tahun 2012.

Pada tahun 2013, ada 10 restoran baru yang rencananya akan diluncurkan olehnya selain resto yang pertama di kawasan Grand Indonesia.  Di tahun 2013 totalnya ada sebelas cabang BonChon sudah ada di mal-mal besar di Indonesia seperti Grand Indonesia, Living World Alam Sutera, Citywalk Sudirman, Gandaria City dan lainnya. Di tahun 2011- 2013, PT Michelindo Food International (MiFI) fokus untuk membangun branding, menciptakan demand dan membentuk business model. Nah, kini saatnya ekspansi lebih luas lagi ke seluruh Indonesia.

Faktanya masyarakat Indonesia sangat menggemari ayam goreng karena itulah restoran franchise yang menu utamanya ayam goreng pasti laris manis. Selain itu budaya Korea juga sedang menginvasi Indonesia melalui K-Pop, drama Korea, kosmetik, ponsel, fashion dan banyak lainnya. Tidak bisa disangkal semua hal yang berbau Korea sangatlah digemari masyarakat Indonesia saat ini dan dengan mudahnya menarik perhatian besar terutama dari kalangan anak muda.

BonChon adalah restoran ayam goreng yang berasal dari Korea Selatan, franchise ini juga sudah melebarkan sayapnya di New York, Amerika Serikat dan menjadi terkenal di sana. Michelle Surjaputra dengan jelinya berhasil melihat bahwa masyarakat indonesia pasti akan memiliki minat besar terhadap franchise yang dia bawa. Perpaduan ayam goreng dan budaya Korea terbukti berhasil membawanya menjadi pemilik belasan outlet di seluruh Indonesia. Michelle juga menerapkan strategi marketing yang membidik anak muda sebagai target marketnya, hal ini bisa dilihat dari akun Social Media BonChon yang aktif melakukan promosi dan event untuk customernya dan partnership dengan Blitzmegaplex.

Para calon wirausaha muda bisa belajar banyak dari Michelle, bahwa sebelum memulai sebuah usaha kamu harus mempelajari trend pasar dan menemukan faktor yang bisa membuat usahamu menarik perhatian masyarakat. Setelah itu terapkan strategi marketing yang cocok untuk target market usahamu. Branding position juga sangatlah penting untuk membuat usahamu menonjol dari saingan yang memiliki usaha serupa. Dalam kasus Michelle, dia menonjolkan budaya Korea yang membuat menu ayam gorengnya beda dari restoran ayam goreng lain yang menjamur di Indonesia.

Lebih hebatnya lagi Michelle Surjaputra memulai usaha franchisenya di usia 22 tahun, untuk menutupi usianya dia harus berdandan tebal dan memakai busana profesional untuk terlihat lebih tua. Sekali lagi keberhasilan Michelle membuktikan bahwa usia muda bukanlah faktor penghalang bagi seseorang untuk sukses. Kejelian dalam melihat prospek pasar di Indonesia adalah kunci keberhasilan Michelle yang patut menjadi panutan bagi para wirausaha muda di Indonesia.

Tokoh Artikel Lainnya

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative