Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Tokoh Artikel

Chairul Tanjung

CEO CT Corp, Pengusaha

Siapa yang tidak tahu sosok Chairul Tanjung “Si Anak Singkong”. Terlahir dari keluarga yang sederhana lahir di Jakarta, 16 Juni 1962 dari pasangan A.G. Tanjung (Ayah) dan Halimah (Ibu). Kesuksesannya dalam membangun kerajaan bisnis tentunya tidak diragukan lagi. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses bersama perusahaan yang dibangunnya, Para Group.

Pria yang akrab disapa CT mengawali bisnisnya saat kuliah di Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, tapi ia tidak pernah menyerah dan berusaha bangkit untuk mencapai kesuksesan yang ingin dicapainya. Semangat inilah yang mengantarkan CT menjadi seorang pengusaha sukses yang kita ketahui telah membesarkan Bank Mega, Trans Corp, dan Carrefour di Indonesia.

Kesuksesan yang ia dapatkan sekarang ini memang tidak ia raih secara instan. Kegagalan dalam membangun bisnis pastinya pernah ia alami. Namun baginya, kegagalan adalah sahabat terbaik bagi Chairul Tanjung yang membuatnya bisa belajar tentang hal baru dan menjadikannya sukses.

Berikut kunci sukses Si Anak Singkong dalam membangun bisnis :

Kerja Keras

Seorang calon pengusaha tidak boleh cengeng dan mudah menyerah.

Setiap pengusaha harus tetap menomorsatukan kerja keras dibandingkan memikirkan modal usaha. Pada kenyataannya Chairul Tanjung rela bekerja lebih dari 18 jam untuk mewujudkan semua impiannya yang terkadang orang menganggap itu berlebihan.

Kerja Cerdas
Seorang pengusaha juga harus dituntut bisa kerja cerdas selain kerja keras. Ketika Anda sudah terjun menjadi entrepreneur, secara tidak langsung Anda harus bisa membuat perencanaan yang baik, pengambilan keputusan yang tepat, dan mampu mengatasi segala masalah yang akan dihadapi. Untuk mencapai keberhasilan pengusaha juga harus mampu menciptakan ide-ide segar dan mewujudkannya menjadi nyata.

Kerja Ikhlas
Anda sudah bekerja keras dan kerja cerdas, maka kunci sukses selanjutnya adalah kerja ikhlas. Semua yang Anda sudah kerjakan secara optimal, maka selanjutnya serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia selalu berpesan kepada setiap pengusaha untuk mensyukuri keberhasilan yang mereka dapatkan selama ini, terus bertawakal untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Chairul menyatakan bahwa dalam membangun bisnis, hal yang perlu diperhatian adalah membangun jaringan dan memiliki rekanan. Membangun relasi tidak hanya kepada perusahaan yang besar dan ternama, melainkan juga kepada perusahaan kecil dan berkembang. Pertemanan yang baik akan membantu proses bisnis yang Anda kerjakan menjadi lebih berkembang. Karena jika bisnis Anda dalam kondisi yang tidak bagus, maka jejaring Anda yang telah dibangun dapat bisa diandalkan.

Modal memang penting dalam membangun bisnis. Namun kemauan yang besar dan kerja keras lah yang harus dimiliki seseorang bila ingin mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Membangun kepercayaan sama halnya menciptakan integritas. Dan disinilah poin penting berjejaring dalam berbisnis.

Menurutnya dalam membangun harus bersabar seperti layaknya kita menapaki tangga satu per satu. Jangan mengambil jalan yang instan, karena kunci sukses dalam berbisnis harus bisa mendapatkan perhatian pasar. Ingin mendapatkan hasil yang maksimal harusnya kita terus berusaha dan jangan pantang menyerah.

Tokoh Artikel Lainnya

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative