Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Tokoh Artikel

Bong Chandra

CEO PT. Perintis Triniti Property, Motivator

Bong Chandra lahir di Jakarta, 25 Oktober 1987 dari pasangan Aditya (Ayah) dan Bong Sungo (Ibu) adalah salah satu motivator muda yang popular di Indonesia. Ketika usia 23  ia mendapat gelar “Motivator Termuda se-Asia” pada tahun 2010.

Kerja keras yang dilakukan Bong Chandra telah menuai hasil seperti sekarang ini. Semua yang didapatkan ia raih dengan tidak mudah  Pada usia 11 tahun, kebutuhan ekonomi keluarganya mengalami keterpurukan. Kebutuhan untuk sekolahnya dia berusaha sendiri.  Saat usianya menginjak 18 tahun, Bong Chandra memilih membangun usaha bisnis sendiri daripada bersenang-senang.

Dimulai sejak krisis moneter 1998, bisnis pabrik kue ayahnya mengalami gulung tikar dan rumahnya nyaris dijual. Saat itu Bong menjual sisa-sisa potongan kue dipabrik ayahnya. Awalnya Bong merasa minder, ditambah pula sewaktu kecil ia menderita penyakit asma yang membuatnya sering dicemooh oleh rekan-rekannya. Namun, karena motivasi dan tekad yang lebih besar berpotensi mengobarkan semangatnya menjadi seorang yang lebih kuat.

Semenjak kecil dia hidup sangat-sangat kekurangan, bahkan sampai mengumpulkan uang recehan, karena bagi keluarga mereka uang receh tersebut sangat berarti untuk keperluan sehari-hari. Menginjak SMA, dia bersama temannya nekat berbelanja pakaian ke Bandung. “Modalnya kepercayaan”, ujar Bong Chandra.  Pagi berangkat, sore kembali ke Jakarta dan membuka lapak di Senayan dan Pasar Taman Puring.

Bond Chandra sadar bahwa motivasi harus dipertahankan karena cemoohan berpotensi mengendorkan semangatnya. Ia selalu berkukuh saat kerap disindir oleh rekan-rekannya. Beruntung, orang tuan Bong selalu memberi nasihat kepada dirinya. Bong gemar membaca buku motivator dunia untuk menambah pengetahuannya. Semenjak itu kegemaran inilah yang memudahkannya untuk memotivasi diri dan terlebih mulai menasehati rekannya yang patah semangat.

Dia yakin akan kualitas bakatnya dalam memotivasi orang. Bersama 5 orang rekannya, Bong membuat Event Organizer untuk pelatihan motivasi. Awalnya sasaran yang dituju adalah orang-orang terdekat. Bong juga memotivasi para karyawan pemasaran. Ia hanya memungut biaya operasional selama dua tahun pertama, karena tujuan bisnisnya tidak untuk mencari uang melainkan memperluas pertemanan.

See You At The Top!

Bong telah memimpin 3 perusahaan dan membawahi 150 staff karyawan diantaranya PT. Perintis Triniti Property, PT. Bong Chandra Success System, dan PT. Free Car Wash Indonesia. Ia juga memberi motivasi ke lebih dari 2 juta orang dan selalu dihadiri ribuan orang disetiap acara seminarnya. Bahkan Bong juga diundang untuk memberikan motivasi di Perusahaan Terbesar Dunia.

Meski telah sukses menjadi motivator dan berbicara dihadapan 15 ribu orang per tahun, Bong Chandra selalu menyebut dirinya sebagai pribadi yang tertutup dihadapan mahasiswa, ibu rumah tangga, dosen, ahli hokum, dokter, pengusaha, hingga CEO. Bong mengenali dirinya sebagai orang yang lambat bertindak, karena Bong memang pribadi yang menuntut sempurna yang membuat dia kerap lama berpikir. 

Tokoh Artikel Lainnya

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative