Ayo Waralaba Ayo Waralaba Ayo Waralaba

Tokoh Artikel

Bob Sadino

CEO PT. Kemfood, Pengusaha, Motivator

Bob Sadino atau yang sering akrab dipanggil Om Bob, lahir di Lampung 9 Maret 1933 adalah seorang pengusaha Indonesia yang berbisnis dibidang pangan dan peternakan. Bob Sadino yang sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek itu adalah pemilik tunggal usaha Kemfood dan Kemchick.

Bob lahir dari sebuah keluarga yang berkecukupan. Ia anak bungsu dari 5 bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal Bob yang berusia 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandung yang lain sudah dianggap hidup mapan. Dan ia kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya berkeliling dunia, ia singgah di Belanda dan menetap disana kurang lebih selama 9 tahun. Ia bekerja di Djakarta Lylod Amsterdam dan di Hamburg, Jerman.

Di Belanda, Bob bertemu dengan Soelami Soejoed (pasangan hidupnya). Tahun 1967, Bob bersama Soelami Soejoed (istri) kembali ke Indonesia dengan membawa 2 Mercedes buatan tahun 1960-an miliknya.  Beberapa lama tinggal di Indonesia, ia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan memiliki tekad bekerja secara mandiri. Bob menjual salah satu mobil mercedesnya itu untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan.

Menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki dengan menjadi sopirnya, adalah pekerjaan pertama yang dilakoni Bob setelah keluar dari pekerjaannya. Tetapi sangat disayangkan ketika itu ia mendapat kecelakaan dan mengakibatkan mobilnya rusak parah. Tak bisa memperbaiki mobilnya karena terbentur keuangan, ia beralih menjadi tukang batu. Ketika itu gaji yang didapatkan hanya Rp 100. Akibat tekanan yang dialaminya Bob merasa depresi saat itu.

Seorang teman menyarankan Bob untuk memelihara dan berbisnis telur ayam negeri, dan ia tertarik untuk memulai usaha ternak ayam tersebut. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan Ayam negeri beserta telurnya di Indonesia. Bob menjualnya dari pintu ke pintu. Barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, karena Telur Ayam Negeri belum popular di Indonesia pada waktu itu. Namun seiring berjalannya waktu, Telur Ayam Negeri mulai dikenal dan bisnisnya semakin berkembang.

Disaat bisnis Bob berkembang pesat, ia merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah

Selain memperkenalkan telur ayam negeri, Bob juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.Perjalanan usaha yang dikiranya memang berjalan tidak mulus. kegagalan demi kegagalan selalu dia alami. Namun Bob yakin dan percaya bahwa setiap langkah sukses pasti diawali kegagalan. Menurutnya yang terpenting adalah kemauan, komitmen, ,dan berani mencari menangkap peluang. Yang harus dilakukan pada diri seseorang adalah pengembangan diri dari apa yang dilakukan. Terlalu banyak mikir adalah kelemahan banyak orang yang membuatnya tidak segera melangkah.

Karena ketidaktahuannya itulah membuatnya langsung terjun ke lapangan. Jatuh bangun yang pernah dialaminya, membuatnya terampil dan menguasai bidangnya. Proses keberhasilan Bob dimulai dari ilmu, dilanjutkan dengan praktik, kemudian menjadi terampil dan professional. Banyak orang yang memulai dari ilmu, bertindak secara canggih, arogan, karena merasa lebih dari orang lain.

Mau mendengarkan daran dan keluhan pelanggan adalah satu hal yang dilakukan Bob Sadino. Karena dengan sikap itu ia merasa dapat meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Menurutnya kepuasan pelanggan dapat menciptakan kepuasan pada diri sendiri. Karena itulah Bob selalu melayani pelanggannya dengan sebaik-baiknya.

Perusahaan seperti layaknya sebuah keluarga. Semua karyawan di Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang diutamakan, dan semua punya fungsi dan kekuatan masing-masing. Pemilik tunggal usaha Kemfood dan Kemchicks yang selalu mengenakan celana pendek itu mudah dikenali. Penampilannya yang serba cuek ternyata sejalan juga dengan pola pikirnya yang apa adanya. Apa yang diraihnya saat ini dikarenakan pola pikirnya itu. Yang membuatnya sukses adalah karena semuanya yang mengalir begiru saja tanpa rencana. Yang dilakukan adalah tindakan dan berusaha total.

Pria yang hanya lulusan SMA ini patut diacungi jempol karena mengingat lika-liku hidupnya yang pernah dialaminya mulai dari menjadi sopir hingga kuli bangunan. Dalam usahanya dia selalu menyadari bahwa dirinya tak punya kunci sukses, karena Bob percaya bahwa sukses selalu diawali dengan kegagalan yang mengimbanginya. Menurutnya sukses bukan teori, namun dengan perjuangan dan kerja keras yang dilandasi keyakinan akan dapat mewujudkan semua cita-cita. Bob adalah contoh nyata bahwa semua orang bisa sukses asal mau membayar harga dari perjuangannya tersebut.

Tokoh Artikel Lainnya

Akun

Member Banner

Google Analytics Alternative